Jurusan SIPIL PNL

Profil Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan
Posted by Admin, 2016-07-28 15:24:05

Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan  Jurusan Teknik Sipil berakreditasi "B" (SK. BAN-PT No. 1132/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/X/2015). Program studi ini dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang mampu merencanakan, melaksanakan, melakukan pengawasan dan melakukan pengujian material untuk pekerjaan konstruksi sipil khususnya bidang jalan dan jembatan. Sistem pendidikan bersifat vokasional yang lebih mengutamakan materi bersifat praktikum (teori 40%, praktikum 60%)

Program studi ini, pada tahun 2007 sudah mewisuda lulusan perdananya dengan gelar akademik “Sarjana Sains Terapan” (S.ST)

Visi program studi

Program Studi Diploma IV Perancangan Jalan dan Jembatan (PS D.IV-PJJ) pada tahun 2024 dapat menjadi pusat kajian dan pendidikan vokasi dalam bidang perancangan jalan dan jembatan serta melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) terampil, berwawasan lingkungan dan berperan aktif dalam pembangunan daerah menuju persaingan Nasional dan Regional.

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional untuk menghasilkan SDM yang mampu dalam hal analisa, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian mutu dalam bidang perancangan jalan dan jembatan;
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat; dan
  3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak eksternal dan mulai tahun 2015 program studi dapat berperan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dalam bidang perancangan jalan dan jembatan.

Tujuan program studi

  1. Menghasilkan tenaga kerja vokasional yang mampu menganalisis, merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengendalikan mutu kegiatan dalam bidang perancangan jalan dan jembatan;
  2. Menghasilkan penelitian terapan yang dapat diaplikasikan sebagai bentuk pengabdian masyarakat;
  3. Menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan beretika dalam bidang perancangan jalan dan jembatan; dan
  4. Mengoptimalkan peran PS D.IV-PJJ sebagai mitra kerjasama dengan pihak eksternal (stakeholder dan alumni).

 

 

 

 

 

Jurusan SIPIL PNL